Cara Unlock Bootloader (UBL) Poco M3 (citrus) – Poco M3 adalah perangkat Android terjangkau dari Xiaomi dengan desain dan performa yang mengesankan, smartphone ini juga jadi salah satu yang terlaris di Indonesia. Banyak yang memilih Xiaomi atau Poco karena mudah sekali untuk di oprek serta memiliki komunitas developer yang besar. Maka pada artikel ini, kami akan memberikan panduan atau cara untuk membuka kunci bootloader atau unlock bootloader Poco M3 (Citrus).

Saat ini Poco telah menjadi merek independen karena pangsa pasarnya meningkat pesat karena kehadiran perangkat luar biasa seperti Pocophone F1, Poco X3 NFC dan tentunya Poco M3. Smartphone Android ini hadir dengan layar FHD + 6,53 inci, dengan aspek rasio 19.5:9 dan 395 PPI, ditenagai prosesor Snapdragon 662 yang terintegrasi dengan GPU Adreno 610. Poco M3 memiliki 2 varian RAM 4GB dengan 64GB dan 128GB penyimpanan internal dan memiliki slot kartu microSD khusus.

cara untuk membuka bootloader atau unlock bootloader Poco M3 (Citrus)

Smartphone ini mengemas pengaturan tiga kamera dengan lensa utama 48MP, 2MP sensor depth, dan kamera makro 2MP. Ponsel ini memiliki performa kamera yang lumayan dan akan meningkat jika Poco M3 di pasangi Google Camera atau GCam Apk. Untuk selfie, ponsel ini mengemas lensa 8MP. Ada pengaturan speaker ganda dan pemindai sidik jari dipasang di samping perangkat. Di bawah kapnya, Poco M3 diisi oleh baterai 6.000 mAh yang mendukung Pengisian Cepat 18W.

Seperti HP Xiaomi atau Poco lainnya, Poco M3 juga dikemas dengan MIUI terbaru yang termasuk dalam kategori custom OS. MIUI memiliki UI interaktif yang mendukung banyak tema.

Trending : Download GCam Apk Terbaik untuk Poco M3

Cara Unlock Bootloader (UBL) Poco M3

Merek Xiaomi populer dengan keterbukaannya yang memungkinkan pengguna untuk mengubah dan memodigikasi perangkat mereka sesuai keinginan. Ini termasuk menginstal ROM khusus atau custom rom, Custom Recovery (TWRP, OrangeFox, dll), Custom Kernel, root, install magisk terbaru, dan masih banyak lagi. Karena Poco adalah sub-merek dengan UI khusus yang sama dengan Xiaomi lainya, Poco juga mendapat perhatian yang sama dari pengembang khusus seperti perangkat Mi dan Redmi. Rooting ponsel Android apa pun memerlukan unlock bootloader, jadi pertama-tama kalian harus membuka bootloader (UBL) di Poco M3.

UBL di butuhkan sebelum menginstall Custom Recovery, root, memsang mod, kernel, dll. maka kita harus melakukan UBL terlebih dahulu karena smartphone hadir dipasaran dengan status bootloader yang terkunci. Artinya, pengguna tidak dapat melakukan perubahan sistem apa pun yang mencakup rooting. Baru kemudian kita dapat menginstal TWRP Custom Recovery pada Xiaomi Poco M3 dan juga root. Untungnya, melakukanUBL di Poco M3 tidak terlalu reibet dan tergolong sangat mudah sama seperti smartphone Xiaomi terdahulu. Dan untuk membuka kunci bootloader, kita tidak lagi perlu menunggu lebih dari seminggu. Simak caranya dibawah ini.

Prasyarat

  • Buat backup terlebih dahulu. Ini diperlukan karena proses UBL akan menghapus semua data dari perangkat.
  • Selanjutnya, download dan instal driver adb dan USB Poco atau Android SDK Platform Tools di PC.
  • Terakhir, download dan instal Mi Unlock Tool di PC. Kita akan menggunakan alat ini untuk unlock bootloader di perangkat Xiaomi dan Poco.
  • Pastikan baterai cukup.

Jika sudah memenuhi syarat diatas, Lanjut ke Proses UBL berikut.

  1. Buka Akun Mi> Mi Cloud dan aktifkan “Sinkronisasi” & “Temukan Perangkat.” Juga, Sinkronkan semua data Aplikasi setidaknya sekali sebelum proses Unlock.
  2. Buka Pengaturan dan pergi ke Tentang Telepon. Ketuk 7-8 kali pada versi MIUI, untuk mengaktifkan developer mode atau opsi pengembang.
  3. Untuk mengakses opsi pengembang, buka Pengaturan> Pengaturan Tambahan> Opsi Pengembang.
  4. Di opsi pengembang, aktifkan OEM unlocking dan USB Debugging.
  5. Sekarang nyalakan koneksi internet di Poco M3 dengan nomor yang sama yang di gunakan pada akun Mi. Kemudian buka Opsi Pengembang> Tap opsi Mi Unlock Status.
  6. Tap tombol Tambah akun dan perangkat yang terletak di bagian bawah dan ikuti petunjuk di layar. Jangan lupa untuk memasukkan nomor yang sama dengan yang ada di perangkat saat ini.
  7. Setelah akun berhasil ditambahkan, maka akan muncul notifikasi bahwa “Berhasil ditambahkan. Akun MI sekarang diasosiasikan dengan perangkat ini ”.
  8. Kemudian matikan perangkat, lalu nyalakan lagi dengan menekan tombol Volume Down + tombol Power bersamaan untuk mem-boot Poco M3 ke mode Fastboot. Saat gambar Mi Bunny muncul di layar, lepaskan kedua tombol.
Cara masuk fastboot mode di Xiaomi
Mi Bunny, Xiaomi Fasboot Mode
  1. Pastikan PC terhubung ke jaringan Internet yang aktif. Kemudian buka aplikasi Mi Unlock Tool yang tadi sudah diinstall. Login dengan akun Mi yang sama yang digunakan di Poco M3.
  2. Koneksikan ke PC dengan kable USB, tunggu hingga perangkat terdeteksi, jika sudah klik tombol “Unlock“. Jika muncul notif konfirmasi klik “Unlock Anyway“.
  3. Kemudian proses UBL akan dimulai dan akan memakan waktu beberapa menit saja. jangan sampai jaringan internet terputus. Setelah selesai, akan muncul pesan Unlocked Successfully. Klik pada tombol Reboot phone untuk memulai ulang perangkat Anda.
  4. Sekarang akan membuka kunci bootloader Poco M3, dan ini akan menghapus semua data.

Booting pertama mungkin membutuhkan waktu agak lama. Selanjutnya, kalian juga harus mengatur perangkat dari awal karena pengaturan ulang telah dilakukan atau sudah direset. Setelah membuka kunci bootloader Xiaomi Poco M3, periksa opsi pengembang di dalam Pengaturan. Jika opsi OEM unlocking berwarna abu-abu, maka bootloader telah berhasil dibuka. Atau saat booting biasanya akan muncul logo gembok terbuka di bawah logo MI.

Nah selanjutnya kalian sudah bebas untuk melakukan berbagai hal misal memasang TWRP Recovery di Poco M3 sebelum flash Custom ROM, rooting atau modifikasi apa pun seperti menginstal kernel, mod, viper, dolby, dll.

Baca juga : Cara Pasang TWRP dan Root di Poco M3

Sekian artikel Cara Unlock Bootloader (UBL) Poco M3 (Citrus), jika ada pertanyaan tanyakan saja melalui kotak komentar dibawah. Semoga bermanfaat, Terimakasih, Happy Android!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.