Pemilik Smarphone Android pasti pernah mengalami yang namanya Bootloop. Simpelnya ini adalah keadaan dimana system operasi perangkat anda hanya Stuck pada loading boot Android secara terus menerus tanpa bisa masuk ke Home screen. Keadaan seperti ini bisa jadi masalah besar bagi sebagian orang yang masih awan mengenai Android. Biasanya bootloop terjadi saat  setelah melakukan flashing Custom ROM, update firmware, modifikasi system, dll.
Description: Cara mengatasi Android yang bootloop dengan mudah
Bagi user advanced yang sudah terbiasa meng-oprek Smartphone Android-nya hal ini bukanlah masalah besar. Namun bagi anda yang masih sedikit awam mengenai Android tidak perlu resah karena ada cara mengatasi bootloop yang tergolong mudah untuk dilakukan oleh orang awam sekalipun, jadi anda bisa mencoba memperbaiknya sendiri sebelum pergi ke tempat service sehingga bisa lebih irit biaya service.
 
Jika anda Android anda mengalami Bootloop tidak perlu khawatir dan coba lakukan beberapa tips mengatasi bootloop dibawah ini.
 

Cara mengatasi bootloop di Smartphone Android

Berikut adalah step by step untuk mengatasi boot loop pada Android yang masih belum di Root dan belum terinstall Custom Recovery semacam CWM dan TWRP. Panduan ini bisa digunakan untuk hampir seluruh smartphone Samsung, Nexus, Sony, Infinix, Xiaomi, HTC, dan merk lain.
Note : Data di ponsel anda akan hilang jika melakukan langkah-langkah ini.
  1. Pertama lepas baterai dari ponsel dan tunggu hingga beberapa menit sebelum memasangnya kembali. Jika ponsel anda memiliki baterai tanam bisa mematikan perangkat selama beberapa menit terlebih dahulu sebelum menyalakan lagi.
  2. Sekarang anda harus masuk ke menu Recovery Mode bawaan dengan cara menekan tombol Volume up + Power atau Volume Up + Home + Powersecara bersamaan hingga masuk ke menu recovery.
  3. Setelah berhasil masuk Recovery Mode Pada menu ini anda akan melihat beberapa menu yang sangat berguna untuk mengatasi berbagai masalah di perangkat anda. Gunakan tombol volume untuk bernavigasi antar opsi-opsi yang ada dan gunakan tombol home atau power untuk memilih menu.
  4. Pilih opsi Wipe data/factory reset dan konfirmasi dengan memilih yes/ok jika muncul.
  5. Selanjutnya pilih Wipe cache partition > Advance> pilih Wipe Dalvik cache. Konfirmasi pilih Yes/OK untuk memulai.
  6. Setelah semua dilakukan, kembali ke menu utama dan memilih opsi Reboot system now untuk merestar perangkat anda.
Jika masalah berhasil diatasi maka perangkat anda akan berhasil masuk ke Homescreen secara normal.
 
Description: Android Stock recovery mode
 
Note : jika anda bukanlah Root user yang sudah memiliki Custom recovery, ada baiknya anda melakukan backup data penting di ponsel secara berkala, sehingga saat terjadi masalah seperti ini anda tidak akan kehilangan data-data penting tersebut.
 
Semoga dengan cara diatas masalah bootloop pada perangkat anda bisa diatasi, sehingga tidak perlu pergi ke tempat service. Jika masalah bootloop tetap tidak bisa diatasi maka anda membutuhkan sebuah computer atau Laptop dan harus melakukan falsh official firmware menggunakan tool pihak ke-3 semacam Odin, Flash tool, Qpst, dll. Namun jika anda masih asing dengan cara tersebut, bisa meminta bantuan pada teman yang mahir atau bisa membawanya ke tempat service terpercaya.
Cara Root Android dengan mudah

Mengatasi Bootloop pada Rooted Android dengan Custom Recovery TWRP/CWM

Langkah ini bisa hanya bisa dilakukan pada Android yang sudah terinstall Custom Recovery macam TWRP, CWM, dan custom recovery lain. Untuk masuk ke Custom Recovery mode anda bisa melakukanya dengan menekan kombinasi tombol tertentu, beberapa merk dan tipe smartphone bisa memiliki metode yang berbeda, sehingga lakukan sesuai dengan tipe dan merk perangkat anda (Volume Up + Power atau Volume Up + Home + Power). Berikut adalah panduan lengkapnya.
  1. Masuk ke Custom Recovery Mode TWRP/CWM. Matikan perangkat anda, kemudian nyalakan dengan menekan tombol Volume Up + Power atau Volume UP + Home + Power secara bersamaan untuk masuk ke Custom Recovery Mode.
  2. Sebelumnya anda perlu melakukan backup data anda terlebih dahulu agar tidak kehilangan data yang tersimpan semacam music,foto,dokumen,film, dll. Jika sebelumnya anda sudah pernah melakukan backup lewati langkah ini.
  3. Pilih opsi Backup kemudian pilih partisi mana saja yang ingin anda backup antara System, Data(file anda ada disini), atau Boot.
  4. Setelah selesai melakukan backup, kembali ke menu utama kemudian pilih menu Advanced > pilih wipe dalvik cache.
  5. Setelah itu lakukan Wipe data factory reset, dan Wipe cache partition.
  6. Kembali ke menu utama pilih Reboot system now.
  7. Tunggu dan lihat apakah bootloop berhasil diatasi dan masuk ke Homescreen.

Download Google Play Store APK Terbaru

Jika anda sudah melakukan cara diatas dan masih tetap mengalami bootloop anda bisa mencoba melakukan falsh ulang pada Custom ROM anda dan jangan lupa untuk melakukan Wipe dalvik cache dan data cache.
Sekian panduan dan cara untuk mengatasi Bootloop pada android, semoga masal ini bisa diatasi tanpa perlu mengeluarkan biasa service. Happy Android J
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.