Cara Mudah Unlock Bootloader Xiaomi Mi A1 Sukses 100% – Mi A1 adalah sebuah smartphone yang menjadi perangkat Android One pertama dari Xiaomi. Berikut adalah panduan tutorial cara Unlock Bootloader di Mi A1 dengan cepat dan mudah.

Description: Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi A1 Mudah Cepat Pasti Sukses

Sedikit membahas Xiaomi Mi A1. Masuk dalam kategori Google Android One project artinya smartphone ini tidak menggunakan antar muka MIUI dan merupakan kolaborasi dua pihak antara Xiaomi dari segi hardware dan Google untuk sisi Software, artinya setiap update software Android yang ada di perangkat ini akan langsung didapat dari pihak Google kelebihan lain selain support langsung dari Google adalah Update akan terus diberikan hingga 2 tahun lebih atau bisa dikatakan 2 versi Android, hingga saat ini Februari 2018 Update Android 8.0 Oreo pun sudah bisa dirasakan pemilik smartphone ini.

Xiaomi Mi A1 Memiliki layar 5.5 inch dan body berbalut metal. Di persenjatai Chipset Snapdragon 625 dan GPU Adreno 506, RAM sebesar 4 GB, memiliki kamera depan 5 MP dan 8MP untuk kamera utama. menjalankan Android 7 Nougat dengan antarmuka pure stock Android. Sedangkan kapasitas baterai yang dimiliki adalah 3080 mAh.

Cara Mudah Unlock Bootloader Xiaomi Mi A1 Android One

Karena software (Android) yang ada dalam perangkat ini langsung di support oleh Google, maka untuk melakukan unlock bootloader pada Mi A1 sangat lebih mudah dan cepat jika dibandingkan smartphone Xiaomi lainya yang menjalankan MIUI. Bahkan kita tidak akan mengalami stuck di beberapa % yang biasa dialami banyak pengguna Xiaomi saat proses unlocking bootloader. Kita tidak memerlukan Tool Mi Flash Unlock dan izin dari developer Xiaomi terlebih dahulu untuk bisa membuka bootloader yang dikunci, hanya diperlukan sebuah perintah ADB yang bisa dijalankan melalui fastboot mode. Berikut adalah panduan cara Unlock Bootloader di Xiaomi Mi A1.

Syarat dan Tool yang dibutuhkan sebelum memulai :

  • Sebelum memulai proses unlcok bootloader, pastikan ADB dan Fastboot driver sudah terinstal di PC/Laptop yang akan digunakan, jika belum download dan install terlebih dahulu, perangkat tidak akan terdeteksi dan command tidak akan berjalan jika driver belum terinstal. Wajib!
    Download dan Install ADB, Fastboot & USB Driver Xiaomi disini
  • Aktifkan mode USB Debugging dan OEM Unlock di Xiaomi Mi A1 dari Developer options. Cara untuk mengaktifkan menu developer adalah, buka SettingsAbout Phone –  Tap 7/8 kali pada Build Number.
  • Jika sudah akan muncul menu Developer Options pada settings, cari dan aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  • Pastikan baterai terisi lebih dari 50%, untuk menghindari perangkat mati saat proses berlangsung walapun prosesnya singkat sekalipun pastikan baterai cukup.
  • Sebuah kabel USB dan PC/Laptop.

Panduan dibawah ini untuk melanjutkan proses unlocking.

  1. Matikan terlebih dahulu Mi A1, setelah itu masuk ke Fastboot mode caranya tekan bersamaan tombol Power + Volume Down beberapa saat hingga layar menyala. tunggu hingga masuk fastboot mode.
  2. Hubungkan Xiaomi Mi A1 ke PC/Laptop menggunakan kabel USB, jika ini pertamakalinya smartphone terhubung dengan PC maka akan menginstall driver otomatis, tunggu hingga selesai.
  3. Buka folder ADB yang sudah di instal sebelumnya (Pada syarat & Tool). Klik kanan pada bagian atau lahan/wilayah kosong pada jendela explorer kemudian pilih “Open Command Window here“, maka akan muncul sebuah jendela CMD.
  4. Pada jendela CMD, ketik command fastboot devices ini adalah proses untuk mengetahui perangkat sudah terdeteksi atau belum, jika sudah terdeteksi akan muncul tulisan perangkat dan beberapa kode di sampingnya.
  5. Jika sudah terdeteksi dengan benar ketik dan jalankan perintah fastboot oem unlock Untuk memulai proses unlock bootloader. Tunggu hingga selesai.
  6. Setelah selesai masukan command fastboot reboot untuk merestart perangkat.
  7. Done.
Bagaimana mudah bukan? bandingkan dengan proses saat unlock bootloader milik perangkat Xiaomi lainnya, anda harus memiliki izin yang kadang didapat setelah beberapa minggu memintanya, terkadang akan stuck atau gagal ditengah-tengah proses, dan harus menggunakan ROM tertentu terlebih dahulu, namun pada Xiaomi Mi A1 ini hanya dibutuhkan beberapa menit saja langsung sukses tanpa kendala, Sekarang kalian sudah bisa lanjut dengan menginstal TWRP dan Root pada Xiaomi Mi A1. Happy Android 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.