Download TWRP 3.5.0 Recovery Terbaru dan Cara Install dan update di Semua Android. TWRP 3.5.0 telah dirilis secara resmi. Pembaruan terbaru dari Custom Recovery ini menambahkan dukungan yang lebih baik untuk perangkat lama yang menjalankan Android 10, System-as-Root, template baru untuk file ZIP Penginstal TWRP, memungkinkan flashing firmware OZIP pada perangkat Relme / Oppo, dan juga memperbaiki bug sensor yang ditakuti yang disebabkan dengan TWRP.

Melalui halaman ini, Kamu dapat mengunduh official TWRP 3.5.0 Recovery terbaru untuk semua perangkat Android yang didukung secara resmi. Selanjutnya, Kamu dapat mengikuti instruksi yang diberikan dan mempelajari cara menginstal TWRP terbaru di perangkat Android apa pun menggunakan fastboot atau Odin.

Download TWRP Recovery Terbaru dan Cara Install di Semua Android

Bagi mereka yang baru mengenal modding, TWRP (Kependekan dari “Team Win Recovery Project”) adalah pemulihan kustom open-source yang memungkinkan pengguna Android untuk menginstal firmware pihak ketiga seperti ROM kustom, kernel, atau mod dan root perangkat mereka. Selanjutnya, ini juga memfasilitasi pengambilan cadangan sistem penuh, memformat / menghapus partisi perangkat, dan melakukan lebih banyak lagi.

Trending : Download Google Play Store Apk Terbaru Semua Android

Apa yang baru di TWRP 3.5.0?

Dari implementasi System-as-Root baru hingga sistem partisi dinamis di Android 10, banyak dari perubahan ini telah menimbulkan masalah baru dalam pengembangan TWRP dan penggunaan real-time.

TWRP 3.5.0 mungkin adalah salah satu pembaruan terbesar untuk pemulihan kustom mengingat berbagai macam perubahan yang dibawanya. Jadi sebelum Kamu menuju ke tautan unduhan dan petunjuk pemasangan, mari kita bahas ini terlebih dahulu.

Fix building in android-5.1 trees – CaptainThrowback
New QTI Haptics Support – AndroiableDroid
New TSPDriver Haptics Support – LameMonster82
Selinux restore issues – AndroiableDroid
OEM build fixes – Fighter19
More file extension support in Gui file selector – Mauronofrio
FBE Fixes – CaptainThrowback
Ozip Decryption – Mauronofrio
Don’t use persist for recovery logs – bigbiff
Delay touch startup if necessary – bigbiff
Spanish translation Updates – R0rt1z2
Fix cache wiping on Slot A only devices – AndroiableDroid
Exclude dumpsys directory from backups – DarthJabba9
Gerrman translation Updates – 4ndyZ
HW Rotation during runtime (does not affect touch panel) – webgeek1234
API 24 fixes – AndroiableDroid
vold_decrypt error on unmount – CaptainThrowback
Multiuser – warn when users are not decrypted – noahajac
FDE encryption fixes – CaptainThrowback
Crypto state fixes – nebrassy
Chinese translation Updates – Whyle
Theme updates to match android-10 release: CaptainThrowback
Move TWRP App install to Advanced page – Dees_Troy
Update Russian Translation – f2065

TWRP Recovery Terbaru Sudah mendukung Android 10

Awal tahun lalu, pengembang utama tim dees_troy menerbitkan postingan untuk memberikan pembaruan kepada pengguna tentang dukungan TWRP dan Android 10. Beberapa pengguna mungkin bertanya bahwa ada beberapa perangkat yang menjalankan Android 10 dan sudah memiliki TWRP yang berfungsi penuh.

Bukan Android 10 yang menjadi masalah, tetapi perubahan baru yang diperkenalkan dengannya, yang berlaku untuk perangkat yang dikirimkan dengan Android 10 sebagai versi aslinya. Ini termasuk ponsel seperti Pixel 3, Pixel 4, dan perangkat masa depan yang akan datang dengan Android 10 out-of-the-box.

Perubahan yang paling menonjol, dan salah satu yang menimbulkan masalah terbesar dengan pengembangan TWRP adalah sistem partisi dinamis / logis yang baru. Perangkat Android 10 sekarang menggunakan partisi super, bukan partisi khusus seperti sistem, vendor, dll. Hal ini membuat TWRP sangat sulit untuk memasang partisi sistem. Yang membuatnya sangat sulit untuk mem-flash file ZIP seperti ROM, GApps, dll karena / system bersifat hanya baca dan tidak dapat dipasang dengan mudah.

Pengembang terus bekerja untuk menemukan solusi yang tepat untuk mengimplementasikan TWRP untuk menangani partisi super. Namun, ETA belum diketahui. Tetapi yang kami ketahui untuk saat ini adalah bahwa TWRP 3.4 tidak mendukung perangkat dengan sistem partisi dinamis, setidaknya belum. Pada saat yang sama, perlu juga dicatat bahwa perangkat non-Pixel lainnya yang dikirimkan dengan versi Android yang lebih lama (Android Pie, Oreo, dll) dan menerima peningkatan ke Android 10 tidak terpengaruh oleh hal ini.

Dengan rilisnya versi 3.5.0 ini, merupakan kabar gembira bagi pengguna Android 10. Selain sudah suport, versi ini juga stabil saat digunakan.

Downlaod TWRP 3.5 Recovery Terbaru untuk Perangkat Android yang Didukung

Di bawah ini, Kami akan memberikan tautan untuk mengunduh TWRP 3.5.0 terbaru untuk semua perangkat Android yang didukung, bersama dengan file ZIP Penginstal untuk perangkat yang mendukung skema partisi A / B.

Ada 400+ perangkat yang didukung secara resmi dari berbagai OEM (manufaktur) termasuk namun tidak terbatas pada Asus, Google, HTC, Huawei, LG, Motorola, Oppo, OnePlus, Realme, Samsung, dan Xiaomi.

Karena daftarnya sangat panjang, Kamu dapat menggunakan Ctrl + F di browser atau fitur find in page pada browser mobile dan mencari nama perangkat, model, atau tipe perangkat Android milikmu.

Download TWRP 3.5.0 Recovery Terbaru disini

Cara Install TWRP Recovery Terbaru

Memasang TWRP adalah tugas yang cukup mudah. Tetapi sebelum mulai, ada bebrapa hal yang harus dilakukan seperti mengaktifkan OEM Unlocking dan Unlock Bootlaoder perangkat Android. Karena tanpa bootloader yang tidak terkunci, mem-flash apa pun ke perangkat, termasuk TWRP tidak akan mungkin dilakukan.

Selanjutnya yang kamu butuhkan adalah menginstal driver USB dan menyiapkan driver Adb & Fastboot di PC atau Laptop. Fastboot adalah tool yang akan digunakan untuk mem-flash TWRP.

Bagaimana cara Memperbarui ke TWRP 3.5.0 dari Versi TWRP yang Sudah Ada?
Jika kamu sudah memiliki versi sebelumnya dari pemulihan kustom TWRP yang diinstal pada perangkat, kamu bisa dengan mudah memperbarui ke TWRP 3.5.0 atau lebih tinggi melalui TWRP itu sendiri jadi tidak perlu fastboot lagi alias tanpa PC.

Untuk melakukan ini, unduh file TWRP (.img) terbaru sesuai perangkat Android yang dimiliki dan transfer ke penyimpanan internal / eksternal ponsel. Setelah ditransfer, boot perangkat ke recovery mode, atau dengan mengeluarkan perintah “adb reboot recovery” dari PC.

Cara Update TWRP Lama ke TWRP Terbaru

Melakukan update pada custom recovery itu sangat mudah, caranya hampir sama dengan saat instlal custom rom,magisk. Petama masuk ke recovery mode. ketuk “Instal” di layar utama TWRP lalu tekan tombol “Install Image” di kanan bawah layar. Kemudian arahkan ke penyimpanan perangkat dan pilih file TWRP iso terbaru yang telah di download sebelumnya. Segera setelah memilih file, maka akan diminta untuk memilih partisi target, pilih partisi “Recovery” dan geser tombol swipe to confirm flash di layar untuk mem-flash file recovery.

Setelah file di-flash, buka menu “Reboot” dari TWRP dan tekan tombol “Recovery”. Ini akan mem-boot ulang perangkat Android ke versi pemulihan TWRP terbaru, setelah berhasil diinstall reboot ke system.

Dan selamat sekarang kamu telah berhasil menginstal TWRP terbaru di perangkat Android, kamu bisa menggunakannya untuk mem-flash ROM khusus seperti LineageOS atau Android Paranoid. Kamu juga bisa menginstal mod seperti Dolby Atmos atau root dengan menginstal Magisk.

Jadi, itu adalah panduan singkat tentang Cara Update TWRP Terbaru di Android. Jika kamu mengalami masalah apa pun dengan prosedur ini, beri tahu kami melalui kotak komentar. Ini dia! artikel download TWRP 3.5.0 terbaru untuk perangkat Android dan panduan cara install / Update. Sekian terimakasih, Happy Android!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.