Tips Membeli Smartphone Bekas Berkualitas 2019 – Banyak dari kita tidak bisa langsung membeli smartphone incaran karena keterbatasan dana atau budget.

Membeli hp bekas atau second bisa jadi salah satu solusi hemat bagi sebagian orang, termasuk saya sendiri yang memiliki budget terbatas. Selain itu banyak juga resiko yang harus diwaspadai dan dipertimbangkan saat akan meminang sebuah HP second. Tidak hanya soal faktor dana saja, ada berbagai hal yang harus diperhatikan sebelum membeli HP Android bekas atau second.

Nah maka dari itu kali ini saya akan sedikit memberikan Tips Sebelum Membeli Smartphone Bekas, agar tidak kecewa di akhir karena mendapatkan perangkat dengan kondisi tidak layak pakai. Simak tips-nya di bawah.

Desciption: 10 Tips Sebelum Membeli HP Android Bekas Atau Second Di Tahun 2018
Saat ini hampir tiap orang dari berbagai kalangan memiliki alat yang namanya Smartphone entah itu berplatform Android maupun iOS. Meningkatnya daya konsumsi masyarakat saat ini menjadikan Salah satu industri mobile ini berkembang sangat pesat sehingga banyak sekali brand-brand smartphone yang berlomba-lomba menawarkan berbagai keunggulan smartphone-nya mulai dari kelas bawah-menengah-atas. Dengan seluruh perkembangan tersebut Tidak bisa dipungkiri bahwa hampir tiap bulan ada saja khususnya Android baru yang dirilis.
 

10 Tips Membeli Smartphone Bekas Berkualitas 2019

Simak 10 Tips berikut ini, saat memilih dan membeli smartphone bekas.

Timing Yang Tepat

Timing juga sangat berpengaruh saat anda ingin membeli sebuah perangkat bekas pakai, dengan kata lain sebaiknya anda membeli sebuah smartphone Android baru setelah successor atau generasi terbaru dirilis. Contohnya saat artikel ini dibuat Samsung baru saja merilis Galaxy S9 dan S9+, maka dari itu otomatis banyak pemilik Galaxy S8 akan menjual perangkat mereka untuk bisa meminang S9.
Nah disinilah saat yang tepat dimana anda mulai berburu para pemilik S8 yang ingin menjual smartphone milik-nya. Tips ini juga berlaku pada brand smartphone lain seperti Sony, Asus, LG, Huawei, Oppo, Xiaomi, Infinix, Motorola, DLL.
 

Spesifikasi dan Software Update Smartphone Android/iPhone juga penting

Selain sisi Hardware anda juga harus mempertimbangkan sisi Software. Jika anda berniat membeli smartphone bekas untuk dipakai beberapa waktu kedepan pastikan Spesifikasi yang dimiliki tetap mumpuni untuk mengeksekusi segala kebutuhan anda kedepanya, minimal perkirakan juga kapan anda akan membeli lagi smartphone berikutnya. 
 
Jangan lupakan sisi Software. bagi saya versi Android dan support update jadi pertimbangan penting sebelum meminang sebuah smartphone bekas. Pastikan anda memilih smartphone dengan versi Android yang terupdate atau minimal tidak tertinggal 1-2 versi dengan Android terbaru (saat artikel ini dibuat Android 9 Pie adalah yang paling baru dan 2019 Android P akan dirilis), tentunya dengan system yang baru performa dan security anda masih bisa dijamin. Pertimbangkan juga Posisi ROM yang digunakan saat itu, jika anda bukan lah seorang yang paham betul mengenai masalah flashing ulang.
 

Survey Harga Terkini Dipasaran

Selanjutnya anda juga perlu melakukan survey harga pasaran. Pastinya banyak sekali pilihan bandrol harga yang tersedia. Lakukan perbandingan harga antara satu penjual dengan penjual lain sebelum menentukan target, karena selisih beberapa ratus ribu bisa menghemat pengeluaran, Selisih ini bisaanda gunakan untuk keperluan lain atau bisa juga digunakan untuk membeli aksesoris lain seperti anti gores, case, DLL.
 
Baca juga : 

Pilih Seller Yang Terpercaya Atau Memiliki Reputasi Baik COD? Atau Online?

Memilih seller yang tepat juga sangat penting, Jika anda membeli secara online anda bisa melakukan survey mengenai seller terlebih dahulu, untuk lebih aman gunakan e-commerce atau toko-toko online yang menawarkan jasa Escrow/rekber terpercaya dan bisa menjamin hak-hak anda sebagai buyer, Contohnya adalah Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dll.
 
Pastikan anda juga memilih smartphone bekas dengan kondisi atau kualitas terbaik. Bandingkan juga dengan beberapa opsi lapak Lain terlebih dahulu. Tanyakan juga kondisi terkini smartphone pada seller.
 
Jika anda membeli dengan cara COD/ketemuan jika takut sendirian anda bisa mengajak teman atau kerabat untuk menemani dan bertindak sebagai saksi, dan pastikan anda memeriksa keseluruhan kondisi HP untuk melihat kondisi hp masih bagus atau tidak.
 

Kelengkapan Yang Dimiliki

Tanyakan juga apakah perangkat yang akan anda beli memiliki kelengkapan yang lengkap dan menggunakan aksesoris original (bawaan asli) atau bukan. Jika sudah tidak lagi menggunakan aksesoris original anda bisa meminta sedikit penurunan harga. Jangan lupa tanyakan bagaimana kondisi aksesoris yang ada, masih berjalan normal atau tidak.
 

Garansi dan Perjanjian Pengembalian

Walaupun anda membeli bekas pakai, anda masih bisa memilih smartphone dengan garansi resmi entah masih tersisa masa berlaku, karena jika setelah beberapa bulan dipakai terjadi masalah anda masih bisa mengunjungi service center resmi.
Dan jika anda membeli smartphone bekas yang tidak memiliki garansi resmi anda masih bisa meminta garansi toko yang biasanya berlaku selama 1 minggu – 1 bulan. Dan pastikan juga anda masih bisa mengembalikan smartphone jika ada masalah sebelum waktu yang disepakati habis. Jadi perhatikan baik-baik tips selanjutnya mengenai cek seluruh kondisi fisik dan fitur HP.
 

Cek Nomor IMEI

IMEI sangatlah vital di sebuah perangakat, karena merupakan sebuah kode atau nomor identifikasi untuk memastikan perangkat asli atau tidak, pastikan nomor IMEI antara perangkat dan Dosbook sama. Bisa ditemuka di menu about/tentang ponsel atau dial kode *#06#*.
 

Cek Kondisi Fisik HP

Wajib hukumnya Setelah anda menerima smartphone yang dibeli secara online, SEGERA!! periksa kondisi fisik masih bagus atau tidak dan pastikan sesuai dengan yang dideskripsikan seller atau tidak, sebelum melakukan konfirmasi barang di toko online. Biasanya anda akan diberikan waktu beberapa hari oleh toko online sebelum konfrimasi otomatis berjalan.
Jangan terlalu terburu-buru.
Cek fisik (hardware) seperti kondisi layar (deadpixel, touchscreen), body, tombol, Port jack audio, port USB, Slot SIM-card, Slot microSD, kondisi Baterai (bisa/tidak di charge). Setelah anda pastikan HP berfungsi dan berjalan dengan normal anda bisa konfirmasi barang diterima dan berikan rating baik pada seller.
 

Tes atau Cek Fitur-fitur Yang Dimiliki Smartphone Second

Selain cek fisik anda juga wajib memeriksa seluruh fitur yang ada, seperti kamera depan & belakang, speaker, fingerprint jika ada, NFC, Wifi, Bluetooth, dll. Beberapa brand smartphone memiliki mode tes atau jika tidak ada dowload aplikasi TestM, Phone Tester, dll untuk lebih mudah saat testing. pastikan semua Sensor yang dimiliki berjalan (download app sensor box di Google Play Store). Pastikan selurh fitur bekerja dengan baik, karena jika seluruhnya normal berarti itu merupakan Smartphone bekas berkualitas.
 

Pastikan Kode Keamanan & Akun Pemilik Lama Sudah Dihapus (Factory Reset)

Kode keamanan/pattern dan Akun (Google, MIUI, iCloud, Flyme acc, dll) pemilik lama yang istilahnya nyangkut juga bisa jadi kendala. Pastikan itu semua sudah dihapus atau setidaknya minta pemilik melakukan Factory reset terlebih dahulu. (tidak wajib)bisa juga dengan melakukan flashing ulang firmware Android tentunya jika pemilik lama bisa dan mengerti mengenai proses flashing.
Dengan Membeli Smartphone second kita harus rela dan bisa menerima jika perangkat kita adalah perangkat keluaran lama atau generasi sebelumnya mengingat generasi terbaru pasti memiliki harga yang lebih mahal, namun hal itu tidak jadi masalah selama smartphone incaran tetap masih layak pakai untuk beberapa waktu kedepan.
 
Sekian 10 Tips Membeli Smartphone Bekas Berkualitas 2019. Tips diatas tidak hanya berlaku untuk smartphone Android saja, bisa juga diterapkan di perangkat seperti iPhone dan Tablet.
 
Intinya anda harus selalu teliti dan jeli dalam memilah perangkat incaran anda dan tidak perlu terburu-buru untuk menghindari penyesalan setelahnya. Semoga Tips Memilih Smartphone Bekas berkualitas diatas bisa sedikit membantu anda. Terimakasih J

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.