Cara Mengaktifkan Developer Option atau Opsi Pengembang dan USB Debugging di Semua HP Samsung. Opsi Pengembang di HP Samsung memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan USB Debugging untuk menggunakan perintah ADB, mengaktifkan OEM unlocking untuk membuka kunci bootloader (UBL), mengambil laporan bug, dan masih banyak lagi. Dalam panduan ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara mengaktifkan Developer Option atau Opsi Pengembang dan USB Debugging pada Samsung Galaxy, panduan ini bisa digunakana di semua tipe HP Samsung.

Cara Mengaktifkan Developer Option dan USB Debugging di HP Samsung

Secara default, menu ini disembunyikan, bertujuan untuk melindungi pengguna baru agar tidak membuat perubahan yang bisa merubah kinerja perangkat. Sebagian besar opsi di dalamnya tidaklah umum bagi yang masih awam. Namun, ketika sudah terbiasa dan tahu apa yang bisa dilakukan di dalam menu ini, pengguna dapat sedikit memaksa untuk meningkatkan user experience dan performa perangkat Android, serta mengaktifkan berbagai opsi yang berguna jika ingin memodifikasi sistem, seperti root, UBL, flash firmware denga PC, menggunakan ADB.

Sebelum mengaktifkna mode ini, ada baiknya kita mengetahui apa artinya dan fungsi dari Developer Option atau Opsi Pengembang di Android terutama di Smartphone Samsung.

Baca juga : Cara masuk ke Recovery Mode dan Download Mode di HP Samsung

Apa itu Opsi Pengembang (Developer Option)?

Opsi Pengembang adalah menu khusus yang bisa ditemukan di menu Setting yang berisi serangkaian opsi untuk mengonfigurasi / menyesuaikan perilaku sistem Android dan untuk men-debug aplikasi dan perangkat lunak dalam perangkat. Beberapa opsi yang paling umum digunakan termasuk “OEM Unlocking” yang diperlukan untuk membuka kunci bootloader (UBL).

Apa itu USB Debugging?

Sedangkan USB Debugging adalah salah satu Opsi Pengembang yang tersedia di HP Samsung dan semua perangkat Android lainnya. Mengaktifkan USB Debugging memungkinkan perangkat Android berkomunikasi dengan komputer melalui USB untuk men-debug aplikasi dan perangkat lunak menggunakan Android ADB Tool, Salah satu hal yang umum digunakan adalah untuk menjalankan perintah sideload, fastboot, ADB saat melakakukan Unlock Bootloader, Root, Flash Custom Recovery (TWRP, OrangeFox, dll). Sebenarnya masih ada banyak hal yang bisa digunakan setelah opsi USB debugging ini aktif.

nah untuk mengetahui lebih banyak tentang opsi pengembang, kunjungi dokumentasi resmi di sini.

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang di HP Samsung

Menu Opsi Pengembang secara default disembunyikan dalam aplikasi Pengaturan di ponsel. Ini dilakukan dengan sengaja untuk mencegah pengguna mengakses Opsi Pengembang yang tersedia tanpa disadari dan mengonfigurasi sesuatu yang mungkin memengaruhi penggunaan normal perangkat. Kami anggap anda sudah tahu mengapa Anda ingin atau perlu mengaktifkannya.

Langkah-langkah untuk mengaktifkan Developer Option (Perangkat Menggunakan bahasa Indonesia):

  1. Buka aplikasi ‘Setting‘ di HP Samsung Anda.
  2. Gulir ke bawah ke bagian paling bawah layar dan pilih ‘Tentang ponsel‘.
  3. Pilih ‘Informasi perangkat lunak‘.
  4. Tap 7 Kali pada bagian ‘Build number‘ kemudian akan muncul pop-up untuk memasukan PIN/Password HP.
  5. Masukkan PIN / Kata Sandi / Pola layar kunci ponsel Anda saat diminta.
  6. Sekarang Anda akan melihat pemberitahuan “Mode pengembang telah diaktifkan!” di bagian bawah.
  7. Setelah selesai, maka akan muncul menu baru di pengaturan, tepatnya dibawah opsi Tentang Ponsel akan muncul menu baru bernama Opsi pengembang.

Setelah ini, Anda bisa mengaktifkan opsi OEM Unlock untuk membuka kunci bootloader, menggunakan opsi untuk menangkap laporan bug, dan banyak lagi. Dan jika yang Anda inginkan adalah untuk mengaktifkan USB Debugging, lanjutkan saja ke panduan berikut ini.

Cara Mengaktifkan USB Debugging di Galaxy Series

Opsi USB Debugging ini biasanya diaktifkan saat ingin memodifikasi atau modding perangkat lunak Android, atau ingin menggunakan perintah ADB untuk hal lain. dan biasnya digunakan bersamaan dengan Samsung Odin Terbaru.

Untuk mengaktifkan USB Debugging di Samsung Galaxy:

  1. Buka aplikasi ‘Pengaturan‘.
  2. Pergi ke bagian bawah layar dan pilih ‘Opsi pengembang‘.
  3. Gulir ke bawah dan temukan bagian “Debugging“.
  4. Tap tombol di samping “USB Debugging” untuk mengaktifkanya.
  5. Terakhir, pilih “OK” saat diminta untuk mengizinkan USB debugging.
  6. Saat pertamakali menghubungkan Hp ke PC/Laptop maka akan muncul sebuah pop-up untuk memberikan izin akes usb debugging, Tingal izinkan saja.

Nah itu dia! Cara mengaktifkan Developer Option dan USB Debugging di Samsung Galaxy. Anda sekarang dapat menghubungkan telepon ke komputer dan mulai menggunakan ADB/Fastboot Tool untuk debugging dan tujuan lainnya. Tapi jangan lupa untuk menginstall USB Driver dan ADB & Fastboot Driver di PC atau Laptop anda terlebih dahulu agar HP bisa di deteksi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.