Cara mengaktifkan unknown sources di Android Oreo. Android Oreo sudah dirilis beberapa waktu lalu dan sudah banyak smartphone yang menggunakanya. Walaupun tidak mendapatkan update resmi, CustomROM Android Oreo bisa jadi solusi.
Pada Android 8.0 Oreo yang merupakan system operasi terbuka milik Google ini, pengguna akan menemukan berbagai fitur baru dan keamanan yang lebih baik dari versi Android sebelumnya, salah satunya adalah keamanan dalam menginstall aplikasi dari pihak luar seain Google Play Store yang berbeda dari sebelumnya, dimana untuk Android Oreo ini anda tidak akan menemukan opsi Unkown Sources pada menu developer option. Artinya jika ingin menginstal file APK melalui file manager atau langsung dari hasil download browser akan dibatasi sebelum anda mengaktifkan permission atau trusted sources untuk aplikasi tertentu terlebih dahulu.
Hal ini akan sedikit membuat bingung user baru yang memang belum terlalu mengenal Android Oreo Karena itu kami akan memberikan sedikit tips untuk bisa menginstall aplikasi atau file APK dari luar Google Play Store. Simak langkah-langkahnya dibawah ini :

Cara Install file APK di Android Oreo

Setelah mendapatkan file APK entah itu melalui hasil download melalui browser atau minta kepada teman, anda perlu melakukan hal berikut ini.
  1. Buka aplikasi file manager (bisa bawaan atau dari pihak ketiga).
  2. Tap File APK yang ingin anda install.
  3. Di Android Oreo anda akan menapatkan sebuah pop-up menu, tap opsi External Sources.
Description: Cara Install file APK dan Mengaktifkan Unkwon Sources di Android Oreo
  1. Setelah masuk menu Install other apps, dari menu ini anda akan melihat list aplikasi yang ada pada smartphone. Tap aplikasi file manager yang anda gunakan untuk membuka folder penyimpanan file APK anda.
  2. Selanjutnya anda hanya perlu mengaktifkan opsi Trust apps from this sources.
  3. Jika sudah aktif anda sudah bisa menginstall file APK dari aplikasi tersebut (File Manager).
Anda juga bisa mengaktifkan opsi ini untuk Google Chrome, Browser, atau File manager bawaan, dan aplikasi lainya.
 

Cara mengaktifkan unknown sources Android Oreo

 
Description: Mengaktifkan Install other apps atau unknow sources di Android Oreo
  1. Cara mengaktifkan Unknown Sources di Android Oreo disebut “Install other apps”. Yang perlu diperhatikan adalah anda harus mengaktfikanya satu persatu untuk tiap aplikasi diaman biasanya anda menginstal file APK.
  2. Buka menu Settings.
  3. Cari dan masuk menu Apps and Notifications.
  4. Pilih Special Access, scroll kebawah dan pilih Install other apps.
  5. Anda akan melihat list seluruh aplikasi yang ada, pilih aplikasi yang ingin anda gunakan untuk menginstall file APK bisa Browser Chrome, file manager, dll.
  6. Tap tombol disamping tulisan Trust app from this sources untuk bisa menginstall file APK dari aplikasi tersebut.
  7. Done.

Langkah 3: Menangani izin keamanan

Pengaturan Sumber Tidak Dikenal telah menjadi bagian dari Android sejak lama. Ketika dinonaktifkan, itu mencegah pengguna (dan aplikasi lain) dari menginstal aplikasi dari mana saja selain dari Google Play Store. Android Oreo mengubah ini menjadi izin per aplikasi daripada pengaturan sistem. Jadi, ada dua bagian berbeda untuk yang satu ini.

Sebelum Android Oreo:

Masukkan pengaturan perangkat Anda.
Pergi ke “Keamanan”.
Temukan opsi Sumber Tidak Dikenal dan centang kotak. Sebuah peringatan akan muncul yang harus Anda baca. Setelah selesai, tekan “OK” dan ini akan memungkinkan Anda untuk menginstal APK dari Sumber Tidak Dikenal.
Jika Sumber Tidak Dikenal tidak ada dalam pengaturan Keamanan, coba temukan di pengaturan Privasi atau Aplikasi (Aplikasi).

Setelah Android Oreo:

Mulai instalasi dengan browser file atau melalui browser web.
Android akan memberi tahu Anda bahwa aplikasi tersebut tidak memiliki izin untuk menginstal APK. Klik tombol Pengaturan yang tersedia di prompt itu.
Di menu berikutnya, centang kotak yang memungkinkan aplikasi itu menginstal APK.
Tekan tombol kembali untuk kembali ke instalasi Anda.
Ini sedikit lebih rumit, tetapi pertukarannya adalah keamanan yang lebih baik karena satu-satunya aplikasi yang dapat menginstal APK pihak ketiga adalah yang Anda berikan izin sebagai ganti pengaturan sistem di versi Android sebelumnya.

Langkah 4: Gunakan file manager dan instal Google Play Store

Sekarang kita siap untuk pergi, saatnya untuk menginstal hal ini. Gunakan browser file favorit Anda. Bagi mereka yang mungkin tidak memilikinya, Anda dapat melihat rekomendasi kami di sini!

Buka browser file Anda dan navigasikan ke mana pun Anda mengunduh APK Google Play Store. Jika Anda mengunduhnya di perangkat Anda maka itu akan ada di kartu SD Anda di folder Unduhan.
Setelah Anda menemukan APK, klik di atasnya. Mungkin ada kotak yang muncul tergantung pada aplikasi yang telah Anda instal pada perangkat Anda yang menanyakan aplikasi mana yang ingin Anda gunakan. Jika demikian, klik “Penginstal Paket”.
Di layar berikutnya, baca perubahan izin apa pun (biasanya tidak ada), lalu klik instal. Ketika selesai, Google Play Store terbaru akan diinstal pada perangkat Anda.
Hei kamu berhasil! Tunggu, masih ada satu langkah lagi!

Langkah 5: Nonaktifkan Sumber Tidak Dikenal

Memeriksa kotak Sumber Tidak Dikenal yang dicentang adalah lubang keamanan utama yang dapat menyebabkan masalah. Cara terbaik untuk menjaga diri Anda tetap aman adalah dengan kembali dan mematikannya! Jika Anda memiliki Android Oreo atau lebih baru, Anda selesai dan Anda dapat melewati langkah ini karena pengaturan ini tidak lagi ada di ponsel Anda.

Pra-Android Oreo:

Kembali ke pengaturan perangkat Anda.
Kembali ke pengaturan Keamanan, pengaturan Privasi, atau pengaturan Aplikasi (di mana pun Anda menemukannya terakhir kali).
Hapus centang pada kotak. Ini akan mencegah semuanya (kecuali Play Store) menginstal aplikasi. Anda selalu dapat mencentang ulang kotak nanti jika Anda perlu melakukan ini lagi.
Mungkin ada alasan mereka mengubahnya di Android Oreo dan ini mungkin itu.

Android Oreo dan yang lebih baru:

Buka pengaturan perangkat dan ketuk opsi Aplikasi.
Gulir dan temukan aplikasi yang Anda gunakan untuk menginstal Play Store. Biasanya browser yang sama dengan yang Anda unduh Play Store. Ketuk itu.
Pada halaman berikutnya, periksa izinnya sampai Anda menemukan bagian sumber yang tidak dikenal. Hapus centang pada kotak untuk menghapus izin memasang aplikasi dari luar Google Play.
Harap dicatat – Proses ini dapat berubah dari ponsel ke ponsel. Bahkan stok Android sedikit berbeda dari Android Oreo ke Android 11 saat melakukan tugas ini. Jika Anda tidak dapat menemukannya pada awalnya, teruslah mencari. Anda tidak gila, itu mungkin hanya di tempat yang sedikit berbeda.

Itulah Cara mengaktifkan unknown sources di Android Oreo, yang perlu diperhatikan adalah segi keamanan smartphone anda, maka anda bisa mengaktifkan ini saat dibutuhkan saja dan matikan setelah selesai. J
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.